****Cover Buku-buku Media Hidayah****


Aslinya dari kitab Al Ahadits Al Qudsiyyah Min Ash Shahihain Bi Ikhtilafi Ar Riwayati Wa Al Alfazh karya Irfan bin Salim al-’Asysya Hassunah Ad Dimasyqi yang diterbitkan oleh Dar Al Ma’rifah, Beirut, Libanon, tahun 1422 H. Buku ini berisi hadits-hadits qudsi yang terdapat dalam kitab Shahih Al Imam Al Bukhari dan Shahih Al Imam Muslim. Di buku ini penulis berusaha untuk memudahkan pembaca dalam memahami makna-makna hadits yang beliau cantumkan. Hal ini dapat kita lihat dengan banyaknya penjelasan kata-kata yang sulit dan nukilan keterangan para ulama. Namun, perlu pembaca perhatikan bahwa dalam beberapa penjelasan hadits penulis mengambil nukilan dari dua ulama besar yang telah menjelaskan kepada umat ini hadits-hadits Nabi Shallallaahu Alaihi wa Sallam, yaitu Imam Al Hafizh Ibnu Hajar dalam kitab Fathul Bari dan Imam An Nawawi dalam Syarh Muslim. Ibarat pepatah tak ada gading yang tak retak, kedua kitab tersebut menggunakan takwil pada beberapa asma dan sifat Allah. Oleh karena itu, editor kami memberi catatan kaki terhadap beberapa materi buku ini yang berkaitan dengan asma dan sifat Allah yang berisi penjelasan dari para ulama, di antaranya dari kitab Al Qawa’idul Mutsla Fi Shifat Allah wa Asma’ul Husna (Kaidah memahami nama dan sifat Allah) dan Syarah Al Aqidah Al Wasitiyah karya Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin serta At Tanbih’ala Al Mukhalafat Al Aqadiyah fi Fathil Bari (Peringatan atas kesalahan aqidah dalam Fathul Bari) karya Syaikh Ali bin Abdul Aziz bin Ali Asy Syibil.

Buku ini adalah terjemahan dari kitab Asbabu Ziyadati Al Imani wa Nuqshanihi karya Syaikh ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdul Muhsin Al ‘Abbad Al Badr. Buku ini membahas berbagai hal penting yang dapat menambah dan mengurangi keimanan. Baik hal keyakinan, ucapan maupun amalan anggota badan.

Buku yang ada di hadapan pembaca ini adalah terjemahan dari dua buah kitab yaitu kitab Al-Lahazhat Al-Hasimah karya Muhammad bin Abdul Aziz Al-Musnid dan kitab Az-Zairul Akhir karya Khalid Abu Shalih serta cuplikan dari kitab Masyahidul Ihtidhar karya Khalid Abdurrahman Asy-Syayi’ dan Sulthan bin Fahd Ar-Rasyid.Buku ini berisi kisah-kisah nyata tentang orang-orang yang menghadapi kematian yang dilengkapi dengan nasihat-nasihat dan bimbingan agar kita mampu mengakhiri kehidupan kita dengan husnul khatimah dan menghindari kematian dalam keadaan su-ul khatimah.

Terjemahan dari kitab Limadza ash-Shalah karya Muhammad bin Ahmad bin Ismail al-Muqaddim. Buku ini membahas kedudukan shalat dalam syariat Islam, pentingnya shalat bagi setiap muslim, dan keutamaan-keutamaan shalat, yang wajib maupun yang sunnah, berdasarkan ayat-ayat al-Quran dan hadits-hadits Nabi Shallallaahu Alaihi wa Sallam.

Buku ini adalah terjemahan dari kitab Al Intishar li Huquq Al Muminat karya Ummu Salamah As Salafiyyah yang diterbitkan oleh Dar Al Atsar, Yaman, Tahun 2002 M / 1423 H. Buku ini membahas hak-hak muslimah secara tuntas, baik sebagai anak, istri, ibu, individu, maupun anggota masyarakat. Dalam buku ini penulis mengingatkan para orang tua, para kerabat, dan para suami tentang tugas dan tanggung jawab yang ditetapkan Allah kepada mereka, karena banyak sekali orang yang meremehkan bahkan tidak mempedulikan masalah hak-hak muslimah ini. Kaum muslim dapat menjadikan buku ini sebagai referensi untuk mencari solusi dalam menyelesaikan problem keluarga dan rumah tangga berdasarkan syariat Islam. Untuk memberikan gambaran isi buku, penerbit menambahkan judul pada tiap-tiap bab.

Buku yang ada di hadapan pembaca ini adalah terjemahan dari kitab Ahkam An Nikah wa Az Zifaf karya Abu Abdillah Mushthofa bin al-‘Adawi. Buku ini membahas permasalahan nikah dan masalah-masalah yang terkait dengannya yang disajikan dalam bentuk tanya jawab.


Kitab Umdah Al Ahkam min Kalami Khairi Al Anam karya Syaikh Al Hafidz Taqiyuddin Abu Muhammad Abdul Ghani bin Abdul Wahid bin Ali bin Surur Al Maqdisi yang diterbitkan oleh Dar Ibnu Khuzaimah, Riyadh, 1420 H. Kitab ini kami bandingkan dengan kitab sejenis yang diterbitkan Dar As Salam, Kairo, Mesir, 1423 H dan Dar Al Atsari, Kairo, Mesir, 1423 H. Kemudian diterjmahkan dan menjadi buku yang di kovernya dihadapan pembaca. Apabila terdapat perbedaan matan, kami memilih yang masyhur (dan kami sertakan keterangannya pada catatan kaki). Berisi ringkasan hadits-hadits berkenaan dengan masalah hukum yang telah disepakati keshahihannya oleh Imam Al Bukhari dan Imam Muslim. Untuk memudahkan pembaca mencari rujukan haditsnya, kami cantumkan kitab rujukan dan nomor hadits pada catatan kaki (yang dikutip dari kitab Umdatul Ahkam terbitan Dar As Salam, Kairo). Pada catatan kaki, penerjemah dan editor juga menambahkan penjelasan terhadap istilah atau kata-kata yang sulit dimengerti yang diambil dari kitab Taisir Alam Syarah Umdatul Ahkam dan beberapa kitab lainnya. Khusus untuk buku ini ada dua macam SOFT COVER dan HARDCOVER dengan gambar kover sama

Buku terjemahan dari kitab Fiqh Tarbiyah Al Abna’ wa Thaifah min Nasha-ihi Al Athibba-i karya Syaikh Musthafa al-‘Adawi. Buku ini berisi tuntunan Rasulullah Shallallaahu ‘Alaihi wa Sallam dalam mendidik anak dengan tinjauan fiqih, adab, dan akhlak. Tulisan ini disusun penulis berdasarkan sumber-sumber shahih dari Al Quran dan as-Sunnah, serta petunjuk para sahabat, tabi’in, dan ulama yang mengikuti jejak salaf sehingga dapat dijadikan pedoman bagi para orang tua dalam mendidik anaknya. Buku ini juga dilengkapi beberapa nasihat dari pakar di bidang kesehatan yang khusus ditujukan kepada para ibu yang dapat dijadikan pedoman dalam mendidik dan menjaga kesehatan putra-putri mereka.

Buku kecil dan ringkas ini, adalah terjemahan dari kitab Al Wajibat Al Mutahattimatu Al Ma’rifatu ala Kulli Muslimin wa Muslimatin karya Syaikh Abdullah bin Ibrahim Al Qar’awi. Buku ini berisi pokok pertama dalam beragama yang wajib diketahui setiap muslim dan muslimah agar mendapat ridha-Nya. Bagi pembaca yang ingin mengkaji kitab aslinya, pada halaman belakang kami sertakan matan Al Wajibat Al Mutahattimatu Al Ma’rifatu ‘ala Kulli Muslimin wa Muslimatin yang diterbitkan oleh Maktabah Alu Yasir, 1415 H. Matan kitab ini kami bandingkan dengan matan dari penerbit lain. Apabila terdapat perbedaan matan, kami memilih yang masyhur.

Buku ini secara ringkas dan jelas membahas pentingnya ilmu dan tanggung jawab menyebarkannya. Terjemahan dari kitab Nasyrul-‘Ilmi, Hududuhu wa Dhawabithuhu karya Fawwaz Ahmad Zamarli dan kitab Mas-uliyyah Thalib Al ‘Ilmi karya Syaikh Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz.

Buku yang ada di hadapan pembaca ini adalah terjemahan dari kitab Thuruqusy Syaithan fi Idlalil Insan karya Wahid Abdussalam Bali dan kitab Inna Asy Syaithana Lakum Aduwwun Fatakhidzuhu ‘Aduwwan karya Yahya Mukhtar Ghazawi. Buku ini membahas berbagai tipu daya dan cara setan dalam menyesatkan manusia serta celah-celah kelemahan manusia yang dimanfaatkan setan untuk membisikkan kesesatannya.

AQIDAH THAHAWIYAH-Syaikh al-Albani.


Buku aslinya terjemahan dari kitab kitab Al Aqidah Ath Thahawiyyah Syarah wa Ta'liq karya Syaikh Muhammad Nashiruddin Al Albani. Buku ini membahas aqidah Ahlussunnah waljamah dan dasar-dasar agama yang menjadi pegangan mereka dalam melakukan ketaatan kepada Allah Ta'ala

Buku dengan judul Dzikir dan Do’a Shahih ini berisi cara-cara dan bacaan-bacaan do’a yang dicontohkan Rasulullah Shallallaahu Alaihi wa Sallam yang diambil dari hadits-hadits beliau Shallallaahu Alaihi wa Sallam yang terdapat dalam kitab Shahih al-Adab al-Mufrad lil Imam Al Bukhari dan kitab Shahih al-Jami’ash-Shaghir wa Ziyadatuhu (al-Fath al-Kabir) karya Muhammad Nashiruddin Al-Albani. Sistematika buku ini dibuat penyusun untuk memudahkan kaum muslim melakukan dzikir dan doa sesuai contoh Rasulullah Shallallaahu Alaihi wa Sallam berdasar hadits-hadits shahih.

Masalah Mubasyaroh/bercumbu. sering dibicarakan masyarakat terutama di zaman sekarang ini. Pada zaman sekarang ini banyak masyarakat yang tidak mengerti tentang hukum-hukum Islam, ditambah lagi motivasi keagamaan mereka di tengah-tengah merajarelanya pengumbaran nafsu birahi amat lemah. Tentang hukum-hukum seksual terutama yang berhubungan dengan mencumbu dan menyentuh lawan jenis ketika wudhu dan puasa. Karena faktor di ataslah, tema ini memang perlu diteliti dan dikaji. Oleh penulis tema-tema di atas, dihimpun bersama permasalahan-permasalahan seksual yang berserakan di berbagai buku dalam suatu pembahasan buku tersendiri yang mudah ditelaah dan dimanfaatkan. Sehingga buku ini kelak akan dijangkau oleh semua lapisan masyarakat


Buku kumpulan materi khutbah Jumat yang disusun oleh Ustadz Abu Hudzaifah bin Abbas. Di dalamnya penerbit menambahkan tata cara khutbah sebagaimana dituntunkan Rasulullah Shallallaahu Alaihi wa Sallam yang disusun dari berbagai sumber, yaitu kitab Hadyun Nabi Shallallaahu Alaihi wa Sallam fii Khuthbatil Jumuah karya Dr. Anis bin Ahmad bin Thahir dan kitab Al Ajwibah an Naafi’ah ‘An Asilati Lajnati Masjidil Jamiati karya Syaikh Muhammad Nashiruddin Al Albani. Dengan demikian, buku ini diharapkan dapat menjadi panduan para khatib dalam menyampaikan khutbahnya.

Buku yang satu ini adalah salah satu karya Syaikh Muhammad bin ‘Abdul Wahhab diterjemahan dari Kitab At Tauhid, alladzi Huwa Haqqullah ‘alal ‘Abid karya yang telah ditahqiq. Penulisan tahqiq disatukan dengan teks hadits (pada kitab asli dicantumkan sebagai footnote). Buku ini membahas hakekat tauhid, keistimewaan tauhid, pahala bagi orang yang melaksanakan tauhid, ancaman bagi mereka yang mengabaikan tauhid, kewajiban mendakwahkan tauhid, makna syahadat la ilaha illallah, dan hal-hal yang dapat merusak dan menodai tauhid. Pada bagian akhir, penulis mengemukakan dalil-dalil dari Al Quran dan As Sunnah tentang keagungan Allah, Tuhan yang paling berhak terhadap segala bentuk ibadah yang dilakukan manusia.Untuk lebih melengkapi dan memperjelas bahasan, penerjemah dan editor menambahkan penjelasan yang bersumber dari kitab Al Jadid Syarh Kitab At Tauhid, Fathul Majid Syarh Kitab At Tauhid, dan Qaulul Mufid Ala Kitab At Tauhid yang dicantumkan sebagai footnote.

Buku yang terpampang di hadapan Anda kali ini adalah terjemahan kitab Ad Du’a min Al Kitab wa As Sunnah wa Yalihi Al ‘Ilaj bi Ar Ruqa min Al Kitab wa As Sunnah karya Dr. Sa’id bin Ali bin Wahf Al Qahthani. Buku ini membahas doa-doa dan pengobatan dengan ruqyah yang terdapat dalam Al Qur’an dan Sunnah Nabi Shallallaahu Alaihi wa Sallam. Pada bagian 1: Doa-doa dari Al Quran dan Sunnah hingga bab 4: Doa-doa dari Al Quran dan bab 5: Doa-doa dari As Sunnah, kami juga menambahkan judul doa. Hal ini untuk memudahkan pembaca mencari doa yang diinginkan.

Terjemahan dari kitab Ash Shufiyyah fi Mizan Al Kitab wa As Sunnah. Buku ini membahas sufi berdasar tinjauan Al Quran dan Sunnah. Analisa beliau juga tajam karena beliau pernah mersakan kehidupan sufi dan berinteraksi dengan para pelakunya. Pada akhir bahasan kami kemukakan biografi penulis yang disadur dan diringkas dari buku Kaifa Ihtadaitu Ila At Tauhid wa Ash Shirath Al Mustaqim karya penulis yang memaparkan perjalanan hidupnya mengikuti berbagai aliran tarekat


Buku ini adalah terjemahan dari kitab Majmuah Fatawa Al Madinah Al Munawwarah oleh Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani. Buku ini mengetengahkan fatwa-fatwa Syaikh Nashiruddin al-Albani seputar masalah-masalah akidah, sunnah dan bid’ah, hadits dan ilmu hadits, ibadah, masalah-masalah umum, kitab-kitab, wanita, dll. Ringkas, tepat dan padat, itu komentar kami dari materi yang terbaca di buku ini.


Buku yang ada di hadapan pembaca ini adalah terjemahan dari kitab Shalatul Musafir Mafhum wa Anwa’ wa Adab wa Darajat wa Ahkam fi Dhau’il Kitab was Sunnah karya Dr. Sa’id bin Ali bin Wahb Al Qahthani. Buku ini membahas adab-adab safar termasuk dalam haji dan umrah, serta tuntunan shalat bagi orang yang bepergian (musafir).


Bertolak dari sinilah, Syaikh Muhammad bin Syayi’ Asy Syayi’ mencoba menyusun buku yang diberi judul Raf’u Al-Bala’ wa Mu’alajatu Al-Mashaib. Dalam buku ini ia berusaha memaparkan tentang manusia dan eksistensinya sebagai makhluk yang senantiasa dihadapkan dengan berbagai macam cobaan dan bencana. Sekaligus ia mencoba menampilkan terapi yang jitu untuk mengatasi semua cobaan dan bencana tersebut. Ia mencoba menyodorkan kiat agar manusia bisa terhindar dari semua bala’, paling tidak ia berusaha mengemukakan kiat yang dapat meringankan manusia dari cobaan dan bencana itu. Ternyata terapi yang jitu tersebut terletak pada diri manusia itu sendiri, yaitu dengan bergantung, berpasrah diri dan bertawakal kepada Allah Ta’ala semata. Berusaha keras untuk senantiasa menjaga perintah dan larangan-Nya, karena hanya dengan selalu menjaga perintah dan larangan Allah, ia benar-benar akan dijaga dan dibela-Nya.Buku yang ada di tangan pembaca sengaja ditulis sebagai sumbangsih pengarang kepada umat Islam agar dengan membaca buku ini mereka bisa mengetahui sekaligus mengenali ihwal kehidupan yang keruh dan sempit, kondisi kejiwaan dan berbagai macam penyakit yang diakibatkan karena ketidakstabilan, kegoncangan, was-was dan dugaan-dugaan yang semu.


Buku yang ada di hadapan pembaca ini adalah terjemahan dari kitab Thuhuru Al Muslimi fi Dhau-i Al Kitabi wa As Sunnati Mafhumun wa Fadhailu wa Adabun wa Ahkamun karya Dr. Said bin Ali bin Wahb Al Qahthani. Buku ini membahas Thaharah mulai dari pengertiannya, macam-macam najis, adab buang air, mandi, wudhu, tayamum, dan seluk-beluknya.

Buku yang ada di hadapan pembaca ini adalah terjemahan kitab Kasyf Asy Syubuhat dan kitab Al Ushul As Sittah karya Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab yang diambil dari kitab Syarh Kasyf Asy Syubuhat wa yalihi Syarh Al Ushul As Sittah karya Muhammad bin Shalih Al Ustaimin. Adapun judul sub bab dalam bahasan Kasyfu Syubuhat diambil dari kitab Jami' Mutun. Di bagian belakang buku ini kami sertakan teks asli (arabnya).

Buku yang ada di hadapan pembaca ini adalah terjemahan dari kitab Tsalatsah Al Ushul karya Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab At-Tamimi. Pada halaman belakang kami sertakan kitab aslinya agar para pembaca dapat mengkaji kitab tersebut lebih mendalam sehingga dapat memahami isinya secara utuh.

Buku yang ada di hadapan pembaca ini adalah terjemahan dari kitab Syarh Kasyf Asy Syubuhat wa yalihi Syarh Al Ushul As Sittah karya Muhammad bin Shalih Al Ustaimin yang merupakan penjelasan dari kitab Kasyf Asy Syubuhat dan kitab Al Ushul As Sittah karya Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab. Berisi penjelasan tentang kerancuan tetang aqidah umat Islam yang membahayakan agama mereka sendiri.


Tulisan dalam kitab ini merupakan sebagian dari petunjuk-petunjuk Islam tadi yang didasarkan pada hadits-hadits shahih yang berasal dari pengajar manusia, Muhammad Shallallahu alaihi wasallam, yang mengupas seluk-beluk perkawinan. Dalam permasalahan ini banyak kaum muslim yang tidak mengindahkan lagi aturan dan petunjuk Islam. Ada yang menyimpang dari Islam laksana orang-orang pada zaman jahiliyah dulu yang disimbolkan dengan kebebasan dalam berpakaian mewah dan berlebihan. Ada juga yang menyimpang ala zaman jahiliyah modern saat masing-masing orang berlomba untuk masuk neraka, yaitu dengan mempersiapkan dana perkawinan yang berlebih-lebihan di luar batas kemampuannya. Mereka menyimpang dari aturan Islam dalam melaksanakan salah satu amalan Islam yang tata cara sebenarnya telah diatur oleh Islam. membahas tuntas hadits-hadits yang berkaitan dengan kehidupan suami-istri bagaimana mereka harus mengarungi bahtera keluarga sehingga menjadi keluarga yang islami. Tentu untuk mencapai keluarga yang benar-benar islami diperlukan pelaksanaan secara bertahap, istiqamah, dan berkesinambungan

JENGGOT YES, ISBAL NO

Buku ini membahas hukum memelihara jenggot dan berpakaian isbal yang kami terjemahkan dari 4 buah buku, yaitu: Min al Hadyi an Nabawi I’faul Liha, karya ‘Abdullah bin ‘Abdul Hamid. Muhaawarah Thariifah Baina Dzii Lihyah wa Mahluuqiha, karya ‘Abdul Karim al Juhaiman. Isbaal ats Tsiyaab Baina al I’jaab wa al I’qaab, karya Abdullah bin Abdul Hamid. Tadzkir asy Syabaab bimaa Jaa-a fii Isbaal ats Tsiyaab, karya Abdullah bin Jarullah bin Ibrahim Alu Jarullah. Jadi siapkah Anda untuk membaca buku ini? Siap untuk mengetahui detail dan kosekuensi hukum jenggot dan isbal.. Selamat membaca.

Buku yang ada di hadapan pembaca ini adalah terjemahan dari kitab Al Qaul Al Mufid fi Hukmi Al Anasyid yang disusun oleh Abu Abdir Rahman Asham bin Abdul Mun’im Al Mary. Buku ini membahas seluk-beluk nasyid, yaitu asal muasal, perkembangan, hingga hukum nasyid. Di dalamnya disertakan pula fatwa dan nasihat para syaikh, di antaranya Syaikh Al Albani, Syaikh Al Utsaimin, Syaikh Shalih Fauzan, dan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah.


Buku yang ada di hadapan pembaca ini adalah terjemahan dari kitab Fadhlu Birr Al Walidain. Buku ini memaparkan pedoman ber­bakti kepada orang tua dan kisah-kisah yang dapat dijadikan teladan bagi anak dalam berbakti kepada ibu bapaknya. Sungguh alangkah indahnya hidup bila kita, bila bisa mengambil pelajaran dari kisah-kisah ini. Kisah para Ulama menjalankan syariat Islam dalam hal berbakti kepada orang tua baik.

Buku yang ada di hadapan pembaca ini adalah terjemahan dari kitab Sittu Duror min Ushuul Ahlil Atsar. Buku ini mem­bahas enam prinsip dasar ajaran Ahlus Sunnah sebagai landasan kita untuk meraih keselamatan di dunia dan di akhirat. Materinya cocok sebagai nasehat untuk Anda para ativis dakwah. Karena banyak mengambil pelajaran dari perjalanan dakwah para aktivis Islam di al-Jazair.

Buku yang ada dihadapan pembaca adalah terjemahan dari kitab talkhish ahkam al udh-hiyah wa adz dzakah, karya Syaikh Ibnu Utsaimin Rahimahullah. Buku ini membahas mengenai qurban dan sembelihan, mulai dari pengertian dan hukum berqurban, syarat dan jenis hewan qurban, serta pendistribusiannya. Lebih lanjut buku ini juga memaparkan tata cara penyembelihan, syarat, dan adabnya.


Sesungguhnya kehidupan kita, kesehatan kita merupakan titipan Allah. Oleh karena itu, kita tidak boleh melalaikannya atau menjalaninya sekehendak kita. Buku ini merupakan bingkisan dari pengarangnya, Syaikh Muhammad bin Jamil Zainu, kepada mereka yang telanjur merokok dan ingin melepaskan diri dari rokok. Juga kepada mereka yang belum pernah merokok, yang dikhawatirkan suatu saat dilalaikan setan, sehingga tergelincir menjadi perokok. Kiranya melalui buku ini pembaca akan menemukan jawaban Al Quran dan As Sunnah yang shahih mengenai rokok, haramkah, halal, ataukah makruh? setelah sedikit mengetahui bahaya merokok, baik ditinjau dari aspek kesehatan, ekonomi, sosial, dan moral. Semoga bermanfaat.

Lisan laksana pedang bermata dua. Lisan bisa dipergunakan untuk bertakwa kepada Allah, menyebarkan kebaikan, dan mencegah perbuatan mungkar di tengah umat. Lisan juga bisa berbahaya apabila dipergunakan untuk mengikuti kehendak setan, memecah belah kaum muslimin, dan perbuatan lainnya yang diharamkan Allah dan Rasul-Nya.

Buku ini menjajikan fatwa-fatwa mengenai pergaulan suami istri dari para ulama besar Tanah Suci, yaitu: Syaikh Muhammad bin Ibrahim Alu Asy Syaikh, Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As Sa’di rahimahullah, Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdullah bin Baz rahimahullah, Syaikh Muhammad bin Shaleh Al Utsaimin rahimahullah, Syaikh ‘Abdullah bin ‘Abdurrahman Al Jibrin, Syaikh Shaleh bin Fauzan Al Fauzan. Fatwa para ulama ini dirangkum oleh Dakhilullah bin Bakhit Al Muthrafy, diawali dari permasalahan pranikah, seperti bagaimana hukum memandang (nazhar) wanita yang dipinang, sampai masalah ranjang pasutri, seperti bagaimana menyentuh, mencumbu, dan berhubungan intim. Juga dipaparkan bagaimana hukum menunda kehamilan, spiral, pil KB, dan lain sebagainya.


Buku yang ada di hadapan pembaca adalah terjemahan dari kitab Qiyamul Lail Dr. Said bin Ali bin Wahf Al Qahthani. Buku ini membahas shalat malam, mulai dari pengertian tahajjud, keutamaan shalat malam, waktu shalat malam yang paling utama, jumlah rakaatnya, adab dan sarana yang menunjang agar seseorang bisa shalat malam. Lebih dari itu, buku ini juga membahas shalat Tarawih, hukum, keutamaan, waktu, dan jumlah rakaatnya. Dipaparkan pula berbagai hal yang berkaitan dengan shalat Witir sebagai penutup shalat malam serta doa yang dibaca setelah shalat Witir.

Kitab ini berisi penjelasan tentang aqidah salafush shalih dalam memahami nama dan sifat Allah Ta ala dan juga berisi kaidah dan pembahasan penting lainnya dalam masalah nama dan sifat Allah. Sifat-sifat yang dimiliki oleh Allah Subhanahu wa Ta ala lainnya, baik yang khusus maupun yang umum, yang dimasukkan ke dalam kitab ini. Kitab ini juga berisi bantahan terhadap ahli tathil, tasybih, tamtsil dan ahli hulul dan Ittihad.

Buku yang ada di hadapan pembaca adalah terjemahan dari kitab Al-Fataawa Asy-Syariyyah fil Masaaili Al-Ashriyyah min Fataawa Ulamaai Al-Balaadil Haraami, yaitu Syekh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz, Syekh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimain, Syekh Abdullah bin Abdur Rahman Al-Jibrin, Syekh Shalih bin Fauzan Al-Fauzan. Pada kesempatan kali ini kami sajikan bagian dari kitab terse­but yaitu bab Aqidah dan Ucapan-ucapan (syirik dan kekufuran). Untuk melengkapi bahasan, kami gabungkan dengan bab Bid’ah dari kitab Majmu Fataawa Syekh Utsaimain Rahimahullah. Penyajian buku ini mengalami sedikit perubahan dari kitab aslinya, yaitu kami sistimasir kembali dengan mengelompokkan bahasan yang sejenis. Hal ini kami maksudkan untuk memudahkan para pembaca.

Dewasa ini banyak banyak muncul perilaku mengekor musuh musuh Allah yaitu golongan kafir dan musyrikhampir di segala segi dan tata kehidupan, seperti cara berpakaian, gaya bicara dan penampilan, sampai kepada hal yang lebih besar, yaitu soal-soal ibadah. Padahal Allah telah mengingatkan kita pada banyak ayat-Nya untuk tidak mengikuti jalan-jalan mereka. Buku yang ada di hadapan pembaca ini adalah terjemahan kitab Mukhtarat min Kitab Iqtidha’ Ash-Sirathal Mustaqim Mukhalafatu Ash-habil Jahim karya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah. Buku ini mengingatkan bahaya meniru kaum kafir dalam tradisi, adat dan kebiasaan mereka, cara berpa­kaian, bahasa, hari-hari peringatan mereka, dan sebagainya.

Buku yang ada di hadapan pembaca ini adalah terjemahan dari kitab Minhajul Firqatin Najiyah wat Tha’ifah Al-Manshurah. Buku ini membahas banyak hal mengenai tauhid dan keutamaanya menurut Al-Quran dan Sunnah sebagaimana dipahami Nabi beserata sahabatnya. Siapakah Golongan yang Selamat dan bagaimana jalan hidupnya? Siapakah kelompok yang mendapat pertolongan Allah dan bagaimana syarat datangnya pertolongan tersebut? Siapakah lawan-lawan dari golongan yang selamat tersebut? Menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, buku ini juga memaparkan peperangan antara tauhid dan syirik, fenomena kesyirikan dan kekufuran yang banyak terjadi di tengah masyarakat, bahayanya serta cara memberantasnya. Intinya berisi poin-poin penting ciri dari golongan yang selamat alias al-Firqotun Najiyah.

Buku yang ada di hadapan pembaca ini adalah terjemahan kitab Mukhtashar Kitab Al I’tisham karya imam Asy-Syathibi yang hidup di abad ke delapan hijriyah. Buku ini membahas seluk-beluk bid’ah, mulai dari definisi, macam dan sebab terjadinya bid’ah, sampai masalah hukuman dan akibat yang akan menimpa para pelaku bid’ah dan pembahasan penting lainnya seputar bid’ah. Kitab aslinya yang tebal dan detail diringkas dengan tujuan memudahkan kaum muslimin secara umum baik awam maupun terpelajar memahami kitab aslinya.

Buku ini memaparkan bagaimana cara Nabi Shallallaahu Alaihi wa Sallam dalam mendidik anak, mencakup pendidikan aqidah, ibadah, akhlak, pergaulan, inteligensi, emosi, kebersihan, dan kesehatan. Perhatian beliau terhadap anak dimulai sejak masih berada dalam sulbi ayah, dalam kandungan ibu, hingga ia lahir, masa kanak-kanak sampai baligh hingga ia menjadi manusia dewasa yang siap menerima beban syariat.Fase kanak-kanak merupakan fase yang sangat penting bagi seorang pendidik (para orang tua maupun guru) untuk menanamkan prinsip yang lurus dan pengarahan yang benar ke dalam jiwa anak. Kesempatan ini terbuka lebar mengingat anak-anak masih memiliki fitrah yang suci, jiwa yang bersih, dan hati yang belum terkontaminasi debu-debu dosa. Jika seorang pendidik bisa memanfaatkan dengan baik, maka peluang keberhasilan membina pada fase-fase berikutnya akan lebih besar. Dengan demikian si anak akan menjadi seorang mukmin yang tangguh, kuat, dan enerjik. Bagi anda yang ingin meneladani pendidik yang sebenarnya, Muhammad Shallallaahu Alaihi wa Sallam, buku ini sarat dengan metode beliau yang amat jitu dalam mendidik anak dan menyiapkan generasi Qurani.

Kitab yang ada di hadapan pembaca ini adalah karya Syaikh Al Albani yang membahas masalah hukum wanita memakai cadar. Kitab ini bisa dikatakan merupakan pelengkap dari kitab Jilbab Mar'ah Muslimah. Kalau di dalam kitab Jilbab Al Mar'ah Muslimah beliau kemukakan pendapatnya seputar hukum wanita menutup wajah, maka pada kitab ini beliau secara khusus membantah pendapat para ulama yang mewajibkan cadar tersebut.. Ada sepuluh poin bahasan di dalam kitab ini, masing-masing beliau bahas secara tuntas, disertai hujah yang kokoh sehingga nampak kelemahan-kelemahan argumentasi pihak yang mewajibkan cadar. Lebih dari itu, dengan membaca buku ini kita mendapatkan berbagai informasi berharga, kita bisa mengikuti bagaimana beliau menetapkan shahih-dha'ifnya suatu hadits dan bagaimana sebuah hadits semestinya digunakan dalam menetapkan hukum agama.

Kesadaran untuk mengenakan busana muslimah makin hari kian meningkat. Seiring dengan itu, model busana muslimah pun semakin bervariasi dan mulai mengalami distorsi. Kini muncul istilah jilbab gaul, atau kudung gaul. Berjilbab tetapi tidak memenuhi ketentuan syariat, namun mengikuti mode yang sedang ngetrend. Buku yang ada dihadapan pembaca ini merupakan terjemahan dari kitab Jilbab Mar’ah Muslimah -edisi revisi- karya Syaikh Al-Albani. Merupakan buku yang paling lengkap dan paling teliti dalam menja­laskan dari A sampai Z busana muslimah yang sesuai dengan ketentuan syariat. Lebih dari itu, dalam mukadimah edisi revisi ini beliau juga menyinggung masalah hukum cadar. Secara ringkas beliau menjawab kritikan atau sanggahan para ulama yang mewajibkan cadar. Bagi pembaca yang ingin mengkaji lebih detail lagi, bisa membaca risalah Syaikh Al-Albani dalam kitabnya Ar-Radd Al Mufhim yang juga kami terbitkan terjemahannya.

Bagi para suami buku ini sebagai panduan membimbing istri menjadi pendamping suami dalam mengayuh bantera ruman tangga. Bagaimana ketika menghadapi istri ngambek, cemburu berat anda akan mendapatkan jawabannya. Bagi istri, buku ini menjelaskan bagaimana mendampingi suami dalam suka dan duka, bagaimana bersikap ketika kefakiran, kekurangan melanda rumah tangganya, bagaimana mengnibur suami kala problema menumpuk dipundaknya. Insya Allah para pembaca akan mendapatkan kebaikan dan manjaat ketika menyimaknya. Dan insya Allah para pembaca akan mendapatkan faedah dan manfaat yang banyak ketika menyimak dengan seksama buku ini. Seperti contoh keteguhan wanita sahabat nabi/shahabiyat, yang mempunyai ghirah tinggi dalam tidak malu dalam menuntut ilmu, keislamaninya sebagai mahar untuk dirinya, sabar dalam sukaduka bersama suami tercinta, tabah dan bersikap biiaksana ketika anak tercinta dijemput ajalnya, sehingga sang suami mengadu kepada Rasulullah yang mulia, danperangai-perangai mulia lainnya yang disuguhkan oleh shahabiyat ini di dalam lembaran demi lembaran buku ini. Dialah Ummu Sulaim radhiyallahu 'anha, Al Ghamisha' bintu Milhan ibunya Anas bin Malikradhiyallahu 'anhu , dan beliau isteri Abi Thalhah radhiyallahu 'anhu

Buku ini memaparkan berbagai kesalahan mendidik anak, seperti mendidik yang membuat anak takut kepada manusia, suka mengejek, mementingkan urusan dunia daripada akhirat, beramal tanpa niat yang baik, hingga masalah kekhawatiran yang berlebihan terhadap anak. Sedemikian kompleks mendidik anak, sebanding itu pula Allah Subhanallahu wata'ala. memberi pahala kepada orang tua yang mampu mendidik anak sesuai aturan-Nya. Mudah-mudahan buku ini dapat memberi manfaat kepada segenap kaum muslimin, sehingga tidak terjadi kesalahan dalam mendidik anak, dan melahirkan generasi yang sesuai dengan amanat Allah Subhanallahu wata'ala. Amin

Doa dan Shalat Istikharah sangat terkait dengan tauhid sebagai pondasi umat Islam dalam menjalankan ibadah. Karena hal itu pula, Nabi Shallallahu alaihi wasallam, dan para shahabatnya memberi perhatian khusus. Dengan Istikharah, Rasulullah mengajari kita agar dalam memutuskan perkara kita harus selalu mengadukannya kepada Allah. Ketika seseorang membiasakan Istikharah, berarti dirinya yakin mempunyai tuhan yang akan memberi kepada orang yang meminta kepada-Nya. Buku ini membahas secara detail lingkup Shalat Istikharah mulai dari pengertian, fungsi, dan fadhilahnya. Juga dibahas tata cara shalat istikharah yang sesuai dengan sunnah Rasulullah, beberapa bentuk istikharah yang batil, dan cara melihat hasil istikharah. Istikharah adalah doa. Dalam buku ini juga dibahas adab dan syarat terkabulnya doa. Sungguh layak menjadi bacaan bagi orang-orang yang ingin tetap memegang teguh tauhid dan menjalin hubungan erat dengan Allah.

SYARAH ARBAIN NAWAWI-Ibnu Utsaimin

Buku yang ada di hadapan pembaca ini adalah terjemahan dari kitab Syarh Al Arba'in An-Nawawiyyah karya Al-Imam Muhyiddin Abu Zakariya Yahya Ibnu Syaraf An-Nawawi yang dita’liq oleh Asy-Syaikh Muhammad ibnu Shalih Al-Utsaimin dan haditsnya ditakhrij oleh Ahmad Abu Al-Majd, yang diterbitkan oleh Dar al-Aqidah, Kairo, Mesir. Buku ini membahas 42 hadits yang menjadi intisari ajaran Islam. Untuk mempermudah pembaca, dalam buku ini penerjemah memberikan tambahan: (1) nomor surat pada syarah An-Nawawi, dan (2) nama dan nomor surat serta nomor ayat pada ta’liq Syaikh al-Utsaimin. Penerbit juga menambahkan judul dari masing-masing hadits.

Hadits Arbain yang dihimpun Imam Nawawi memuat empat puluhan Hadits. Tiap-tiap Hadits merupakan landasan agama yang penting, para ulama menyebutnya sebagai poros ajaran Islam, separuh Islam, sepertiga Islam, atau seperempat lain semacamnya. Kesemuanya merupakan hadits shahih yang sekaligus bersumber dari Shahih Bukhari dan Shahih Muslim. Syarah Hadits Arbain Imam Nawawi dari Ibnu Daqiq Al Ied ini lebih memperjelas makna dari empat puluh Hadits tersebut. Uraian beliau sangat jelas serta mudah dipahami. Inilah salah satu alasan kami menghadirkan buku ini untuk anda. Semoga bermanfaat.

SIFAT SHALAT NABI-Hard Cover


Buku ini merupakan terjemahan buku Shifatu Shalaati An-Nabiyyi Shallallaahu Alaihi wa Salam min At-Takbiiri ilaa At-Tasliimi Ka-annaka Taraahaa karya Muhammad Nashiruddin Al-Albani yang telah direvisi, setelah cetakan ke-10 yang beredar hingga sepuluh tahun. Dengan terbitnya buku ini diharapkan wawasan kita tentang tata cara shalat sesuai dengan tuntunan Rasulullah Shallallaahu Alaihi wa Sallam semakin luas sehingga kita dapat menilai tata cara shalat yang mengikuti tuntunan Rasulullah Shallallaahu Alaihi wa Sallam dan yang menyimpang. Kita ikuti tata cara shalat sesuai tuntunan Rasulullah shalallahu alaihi wa salam dan kita tinggalkan tata cara shalat yang menyimpang dari tuntunannya

SIFAT SHALAT NABI-Soft Cover


Buku ini merupakan terjemahan buku Shifatu Shalaati An-Nabiyyi Shallallaahu Alaihi wa Salam min At-Takbiiri ilaa At-Tasliimi Ka-annaka Taraahaa karya Muhammad Nashiruddin Al-Albani yang telah direvisi, setelah cetakan ke-10 yang beredar hingga sepuluh tahun. Dengan terbitnya buku ini diharapkan wawasan kita tentang tata cara shalat sesuai dengan tuntunan Rasulullah Shallallaahu Alaihi wa Sallam semakin luas sehingga kita dapat menilai tata cara shalat yang mengikuti tuntunan Rasulullah Shallallaahu Alaihi wa Sallam dan yang menyimpang. Kita ikuti tata cara shalat sesuai tuntunan Rasulullah shalallahu alaihi wa salam dan kita tinggalkan tata cara shalat yang menyimpang dari tuntunannya

;;