****Cover Buku-buku Media Hidayah****




Karakteristik Metode Al-Ankabut Metode ini mempunyai ciri khas, yaitu:
1. Mudah Metode ini dirancang agar seorang bisa belajar bahasa Arab dengan mudah dan sederhana. Dalam metode ini pelajar tidak dibebani pekerjaan menghafal definisi-definisi atau ta'rifaat tetapi definisi itu akan dihasilkan dari pemahaman pelajar.

2. Menyenangkan Metode ini menerapkan pembelajaran yang santai dan ringan sehingga tidak menjadi beban bagi pelajar.

3. Cepat Metode ini dirancang agar seorang bisa membaca kitab gundul secara cepat dengan asumsi bahwa sebenarnya bahasa Arab itu secara gramatikal sudah baku, tidak ada perubahan dan tidak terpengaruh dengan gramatikal bahasa lain. Jadi, sebenarnya yang harus diajarkan kepada pelajar adalah sederhana dan sudah baku. Oleh karena itu, dalam metode ini, hal-hal yang dirasa jarang digunakan dan jarang muncul dalam membaca kitab gundul tidak diajarkan kepada pemula karena belum perlu dan bisa ditunda penyampaiannya. Yang diajarkan adalah bahasan-bahasan yang penting saja, yang memang diperlukan dalam membaca kitab gundul.

4. Cerdas atau smart . Metode ini menggunakan sistem cerdas dalam memilih materi bagi peserta dan cara pengajaran. Seorang muslim pada dasarnya cerdas sedangkan orang kafir sepandai-pandai mereka adalah bodoh dikarenakan kekafiran mereka pada Rabb mereka.

5. Power of Teaching Metode ini banyak bertumpu pada kekuatan cara pengajaran seorang guru, bukan hanya sekedar pada buku panduan. Buku panduan tidak akan banyak berguna tanpa ada pengajar yang memahami dan berpengalaman dalam metode ini. Belajar dengan guru adalah sunnah salafusshalih. Belajar pada seorang guru bukan hanya mengambil ilmu yang dimiliknya, tetapi belajar juga sistematika dan teknik pengajarannya. Dengan cara tersebut seorang murid bisa mengambil dan menyempurnakan cara pengajarannya.  

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Assalamu'alaikum, apakah penulis buku ini (abu syifa) memiliki email?

Ana request kepada penulis utk mengadakan dauroh bahasa arab membaca kitab gundul metode al-ankabut di aceh dalam waktu dekat ini...

Mohon ditanggapi di email fsevenfold94@gmail.com

Jazaakumullaahu khaira.

Habib mengatakan...

اَلسَلامُ عَلَيْكُم وَرَحْمَةُ اَللهِ وَبَرَكاتُهُ‎
Apakah sudah ada ustadz di youtube yg megajarkan buku ini? saya ingin beli. Namun terkedala karena tidak adanya guru/pengajarnya.
جزاك اللهُ‎